Refleksi 3 Tahun Menjadi Guru

Ini tahun ketiga saya jadi guru dan saya ngerasa mulai nyaman mengajar. Meskipun masih ada sedikit keinginan di hati saya untuk bisa kerja di korporasi karena tentu sallry-nya lebih besar.

Jadi guru itu bukan pekerjaan yang mudah, ada kompetensi khusus untuk bisa ngajar. Enggak semua orang bisa jadi guru karena ternyata siswa bisa ngebaca atau bisa tahu mana yang beneran guru alias bisa ngajarin sesuatu mana yang cuma presentasi doang.

Tapi kenapa gajinya kecil karena mungkin guru enggak ngeproduksi barang jadi dan siap jual makanya enggak begitu diperhitungkan. Kayanya gitu.

Ngomong-ngomong ini juga kedua kalinya saya dipercaya jadi wali kelas. Saya pengen reflesi sedikit, bahwa ada beberapa hal yang (menurut saya) perlu dipikirkan ketika kita jadi wali kelas. Ini berdsarkan karakteristik siswa SMP yang sejauh saya amati saja.

Kayanya tuh, di usia SMP kita/mereka baru tahu kalau hidup perlu atau bisa dieksplor dan perlu “dijelajahi” apalagi itu bersamaan dengan masa-masa puber, jadi anak SMP mengira dirinya adalah pusat dunia, selain itu mereka merasa sudah bisa berpikir dewasa  padahal itu semu.

Apa yamg perlu dipikirkan ketika jadi wali kelas? 

Pertama, jangan coba masuk ke dunia siswa karena itu akan nihil. Percaya deh, kalo kita so-soan nyoba masuk ke dunia mereka apalagi dengan tujuan ingin bisa kasih nilai moral atau semacam arahan secara pelan-pelan, maka itu akan gagal karena bagi siswa mereka sedang hal yang menggelikan. Kitanya akan terlihat aneh dan bukannya masuk malah siswa bikin proteksi baru, atau cari cara baru utnuk sembunyi. Sukur2 enggak dimanfaatin kaya di series teach you lesson.

Kedua jangan coba kenalin atau terang-terangan kasih tau gaya membimbing kita dengan harapan siswa bisa segan atau di lain kasus, berharap bisa ngertiin kita. Itu juga akan nihil karena bagi siswa itu nirfungsi. Siswa enggak butuh itu dan enggak peduli sama gaya membimbing kita.

Jadi menurut saya wali kelas tu kaya tumbler minum aja. Dibutuhin pas mereka butuh. Kalau enggak butuh mah kerjalah sesuai SOP. Mastiin anak2 kondusif dan belajarnya supaya nyaman.

Komentar