Refleksi 3 Tahun Menjadi Guru
Ini tahun ketiga saya jadi guru dan saya ngerasa mulai nyaman mengajar. Meskipun masih ada sedikit keinginan di hati saya untuk bisa kerja di korporasi karena tentu sallry-nya lebih besar.
Jadi guru itu bukan pekerjaan yang mudah, ada kompetensi khusus untuk bisa
ngajar. Enggak semua orang bisa jadi guru karena ternyata siswa bisa ngebaca atau bisa
tahu mana yang beneran guru alias bisa ngajarin sesuatu mana yang cuma
presentasi doang.
Tapi kenapa gajinya kecil karena mungkin guru enggak ngeproduksi barang
jadi dan siap jual makanya enggak begitu diperhitungkan. Kayanya gitu.
Ngomong-ngomong ini juga kedua kalinya saya dipercaya jadi wali kelas. Saya
pengen reflesi sedikit, bahwa ada beberapa hal yang (menurut saya) perlu
dipikirkan ketika kita jadi wali kelas. Ini berdsarkan karakteristik siswa SMP
yang sejauh saya amati saja.
Kayanya tuh, di usia SMP kita/mereka baru tahu kalau hidup perlu atau bisa dieksplor dan perlu “dijelajahi” apalagi itu bersamaan dengan masa-masa puber, jadi anak SMP mengira dirinya adalah pusat dunia, selain itu mereka merasa sudah
bisa berpikir dewasa padahal itu semu.
Apa yamg perlu dipikirkan ketika jadi wali kelas?
Pertama, jangan coba masuk
ke dunia siswa karena itu akan nihil. Percaya deh, kalo kita so-soan nyoba masuk
ke dunia mereka apalagi dengan tujuan ingin bisa kasih nilai moral atau semacam arahan
secara pelan-pelan, maka itu akan gagal karena bagi siswa mereka sedang hal yang menggelikan.
Kitanya akan terlihat aneh dan bukannya masuk malah siswa bikin proteksi baru,
atau cari cara baru utnuk sembunyi. Sukur2 enggak dimanfaatin kaya di series
teach you lesson.
Kedua jangan coba kenalin atau terang-terangan kasih tau gaya membimbing
kita dengan harapan siswa bisa segan atau di lain kasus, berharap bisa ngertiin
kita. Itu juga akan nihil karena bagi siswa itu nirfungsi. Siswa enggak butuh
itu dan enggak peduli sama gaya membimbing kita.
Jadi menurut saya wali kelas tu kaya tumbler minum aja. Dibutuhin pas
mereka butuh. Kalau enggak butuh mah kerjalah sesuai SOP. Mastiin anak2
kondusif dan belajarnya supaya nyaman.
Komentar
Posting Komentar